CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Minggu, 22 September 2013

Apa itu kromosom homolog?


Apakah Anda mencari informasi tentang kromosom homolog? Artikel ini akan menjelaskan definisi terkait, memberikan gambaran singkat tentang fungsi kromosom dan gambaran pentingnya mereka dalam genetika ...
Dalam bidang yang luas dan menarik tentang biologi, datang cabang yang disebut genetika yang mempelajari gen, keturunan dan variasi organisme. Salah satu unit utama dari studi genetika manusia adalah kromosom. Tubuh manusia terdiri dari miliaran sel - setiap sel manusia terdiri dari 46 kromosom homolog, yang berpasangan, untuk membuat 23 pasang. Dari jumlah tersebut 23 pasang, 22 kromosom homolog non-seks atau autosom, sedangkan satu pasangan tunggal adalah kromosom seks. Pada wanita, semua 23 pasang kromosom yang identik, yaitu, masing-masing pasangan terdiri dari 2 kromosom X. Namun Pada laki-laki, kromosom seks terdiri dari satu X dan satu kromosom Y, yang berpasangan untuk membentuk urutan XY. Pada tingkat genetik, ini adalah perbedaan antara jantan dan betina dari spesies. Apa itu kromosom homolog? Diberikan di bawah ini adalah beberapa definisi dan fakta tentang kromosom manusia.

Kromosom homolog

Definisi
Kromosom Homolog adalah kromosom yang dengan urutan gen identik. Dalam organisme yang bereproduksi secara seksual, seperti manusia, setiap orang tua menyediakan satu setengah dari 46 kromosom, yang sesuai persis dengan pasangan yang cocok nya. Ini sepasang kromosom selama meiosis, yang harus terjadi untuk pembentukan gamet, atau sel-sel reproduksi. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut ini adalah penjelasan dari istilah diatas:

Meiosis
Ini adalah proses Bagian Kedua dari pembelahan sel pada organisme yang bereproduksi secara seksual, di akhir dimana sel empat 'putri' yang dihasilkan dari masing-masing 'orang tua' sel. Meiosis dibagi menjadi dua tahap, meiosis I dan meiosis II, masing-masing berisi sebuah profase, metafase, anafase, dan telofase.

Kromosom
Setiap sel biologis mengandung inti di mana struktur terorganisir DNA dan protein, bergabung untuk membentuk kromosom. Kromosom adalah struktur yang mengandung gen.

Gen
Ini adalah unit hereditas yang menimbulkan karakteristik tertentu pada keturunannya. Mereka adalah bagian dari DNA yang dilakukan pada kromosom dan kontrol spesifikasi seperti tinggi badan, jenis rambut dan warna mata. Gen ini bisa dari berbagai jenis, dua di antaranya, gen dominan dan resesif yang dijelaskan di bawah ini.

Pasangan Gen Dominan dan Resesif
Setiap pasang kromosom pada manusia, berisi kode untuk ciri biologis seperti warna mata, atau jenis rambut (lurus atau keriting). Kode-kode mungkin identik, (menimbulkan karakteristik yang sama dalam keturunan) atau berbeda (terdiri dari satu gen dominan dan satu resesif). Dalam kondisi di mana gen yang berbeda, ciri-ciri pada keturunannya akan sesuai dengan gen dominan. Namun dalam beberapa kasus, jika kedua orang tua memiliki satu dominan dan satu gen resesif untuk itu fenotipe atau karakteristik, dua gen resesif juga memasangkan untuk menghasilkan karakteristik yang berbeda dari kedua orang tuanya. Cara termudah untuk menjelaskan kemungkinan pasangan adalah dengan menggunakan contoh warna mata. Setiap orang memiliki dua gen yang mengontrol warna mata. Kedua gen mungkin resesif-dominan, yang dominan-dominan atau kombinasi resesif-resesif. Demi penjelasan lebih lanjut, lihatlah kemungkinan berikut:

Kasus 1: Orangtua dengan mata coklat memiliki anak bermata biru. Dalam kasus ini, kemungkinan besar bahwa kedua pasang orangtua memiliki sepasang dominan (mata cokelat) dan gen resesif (mata biru) sebagai bagian dari susunan genetik mereka. Anak mewarisi gen resesif pasangan-resesif, itulah sebabnya ia / dia memiliki mata biru.
Kasus 2: Anak-anak dari orang tua dengan salah satu orang tua yang bermata biru dan satu orang tua yang bermata coklat dengan gen resesif mata biru, akan menunjukkan memiliki 50% kemungkinan menunjukkan mata biru.
Kasus 3: Seorang anak yang memiliki satu orang tua bermata biru dan satu orang tua bermata coklat tanpa gen resesif, akan memiliki mata coklat.

Pindah Silang
Pertukaran gen antara kromosom homolog dikenal sebagai pindah silang, atau Crossover kromosom. Ini pertukaran materi genetik terjadi selama tahap profase, salah satu tahapan yang berbeda dalam proses meiosis atau pembelahan sel. Ini melibatkan pertukaran alel gen dari satu kromosom, dengan alel alternatif pada kromosom homolog sesuai. Hal ini menghasilkan kromosom crossover atau kromosom rekombinan yang berisi kombinasi alel hadir pada kromosom asli atau orang tua.

Gangguan genetik
Terkadang, informasi tentang gen berjalan melalui perubahan atau variasi. Ini disebut mutasi gen dan dapat terjadi ketika sel-sel yang menua, atau karena paparan kimia beracun atau penyinaran. Paling sering, sel mengenali variasi ini dan memperbaiki diri, tetapi dalam beberapa kasus, gen bermutasi ulangan, sehingga menimbulkan gangguan genetik. Pada reproduksi, gen bermutasi dapat mereplikasi pada keturunannya. Membawa gen penyakit termutasi tidak selalu berarti bahwa Anda akan terjangkit penyakit yang dibawanya. Karena Anda mewarisi gen dari kedua orang tuanya, Anda mungkin mewarisi gen normal bersama dengan gen yang sakit. Kemungkinan tertular penyakit terutama akan muncul jika gen bermutasi adalah salah satu yang dominan. Ada berbagai jenis gangguan genetik, contoh yang termasuk buta warna dan cystic fibrosis.

Genetika Manusia membuat kemajuan kekaguman inspirasi dalam memahami pola-pola yang menimbulkan penyakit dan gangguan dan mengungkap cara untuk mengobati mereka atau menghilangkan terjadinya mereka. Saya harap artikel ini telah membantu Anda mendapatkan beberapa pemahaman tentang kromosom homolog, dan beberapa fakta dasar mengenai ilmu genetika.

0 komentar:

Posting Komentar