CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Rabu, 27 November 2013

Emfisena, Bisa Diakibatkan Rokok dan Kelainan Genetik

Emfisema merupakan penyakit paru-paru kronis (jangka panjang) yang bisa memburuk dari waktu ke waktu. Emfisema biasanya disebabkan akibat merokok. Pada penderita emfisema beberapa kantung udara
di paru-parunya mengalami kerusakan, sehingga sulit untuk bernapas. Emfisema juga dikenal dengan penyakit paru-paru COPD.
Penyebab Emfisema
1. Merokok
Sebagian besar kasus emfisema disebabkan akibat kebiasaan merokok. Asap rokok yang masuk ke dalam paru-paru dapat menyebabkan kerusakan permanen. Berhenti merokok merupakan cara terbaik bagi penderita emfisema yang memiliki kebiasaan merokok. Berhenti merokok dapat menghentikan kerusakan paru-paru sesegera mungkin.
2. Alpha-1 antitrypsin defisiensi
Beberapa orang menderita emfisema karena kelainan genetik langka yang disebut alpha-1 antitrypsin defisiensi. Orang dengan alpha-1 akan kehilangan enzim yang melindungi paru-paru mereka. Beberapa orang dengan alpha-1 defisiensi menderita emfisema tanpa pernah merokok. Dalam beberapa kasus, orang yang menderita emfisema diakibatkan oleh kombinasi dari merokok dan memiliki alpha-1.
3. Polusi udara, termasuk perokok pasif
Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa polusi udara turut berkontribusi dalam memicu yang emfisema, terutama pada orang yang juga merokok.
Tanda dan gejala emfisema
Emfisema biasanya ditandai dengan beberapa gejala berikut ini:
1. Sesak nafas
2. Dada seperti gentong
3. Mengi
4. Kelelahan
5. Berat badan menurun tanpa adanya usaha untuk menurunkan
Jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala tersebut segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya dokter akan menggunakan spirometri untuk mengukur berapa banyak udara yang keluar dari paru-paru Anda.
Tanda-tanda dan gejala dari emfisema tidak akan hilang seiring berjalannya waktu, bahkan bila didiamkan terlalu lama gejala akan bertambah buruk. Semakin cepat Anda memeriksakan diri maka semakin cepat pula Anda mendapatakan pengobatan.
Diagnosis
Untuk mengetahui apakah Anda memiliki emfisema, dokter akan melakukan beberapa tes berikut ini:
1. Pemeriksaan fisik, termasuk mendengarkan pernapasan di paru-paru dan suara pernapasan Anda.
2. Menggunakan spirometri, tes ini mengukur berapa banyak udara yang bisa keluar dari paru-paru Anda.
3. Sinar-X dada
4. Tes darah
Pengobatan untuk emfisema
Tidak ada obat menyembuhkan kerusakan paru-paru, namun ada kemungkinan obat tersebut berfungsi untuk memperlambat perkembangan penyakit dan meringankan gejalanya. Berinut ini eberapa pengobatan untuk emfisema:
1. Berhenti merokok dan jauhi lingkungan yang penuh dengan asap rokok. Dengan berhenti merokok, Anda dapat memperlambat emfisema.
2. Konsumsi obat-obatan, yang mungkin termasuk pil, puffers dan oksigen tambahan.
3. Bergabunglah dengan kelas rehabilitasi paru untuk mengikuti program latihan khusus.

0 komentar:

Posting Komentar